SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT ISPA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES BERBASIS WEB PADA PUSKESMAS TERATAK

Authors

  • Wahyu Hidayatullah Universitas Teknologi Mataram
  • Salman Universitas Teknologi Mataram
  • Lalu Darmawan Bakti Universitas Teknologi Mataram

Keywords:

Sistem Pakar, ISPA, Metode Naive Bayes

Abstract

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) adalah suatu penyakit yang timbul akibat gangguan saluran pernafasan yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit tanpa gejala, infeksi ringan hingga berat akibat dari faktor lingkungan. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai gejala, cara penanganan serta cara mengatasi nya, mengakibatkan angka kematian yang cukup tinggi akibat ISPA. Sistem pakar yang akan dibuat diperuntukkan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan diagnosa penyakit ISPA dengan cara mengadopsi pengetahuan manusia ke dalam sistem komputer sehingga sistem pakar mampu menyelesaikan permasalahan seperti yang dilakukan seorang pakar. Aplikasi sistem pakar yang dibuat menggunakan metode Naive Bayes dikarenakan metode Naive Bayes merupakan metode klasifikasi terbaik dengan probabilitas yang tinggi ketika digunakan dalam perhitungan sistem nya. Dengan aplikasi ini seseorang akan merasa seperti sedang berkonsultasi dengan seorang dokter atau pakar yang menangani penyakit ISPA. Aplikasi ini dibangun berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework Codeigniter dan database MySQL. Terdapat data latih sebanyak 104 data dan telah dilakukan pengujian sebanyak 39 data uji. Dari 39 kali pengujian terdapat 36 data uji yang sesuai dan ada 3 data uji yang tidak sesuai. Diperoleh akurasi dari pengujian tersebut sebesar 92,3%.

 

Kata Kunci : Sistem Pakar, ISPA, Metode Naive Bayes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahyu Hidayatullah, Universitas Teknologi Mataram

 

 

Salman, Universitas Teknologi Mataram

 

 

Lalu Darmawan Bakti, Universitas Teknologi Mataram

 

 

References

Saifur Rohman Cholil, Aditya Febri Dwijayanto, Tria Ardianita. Prediksi Penyakit Demam Berdarah Di Puskesmas Ngemplak Simongan Menggunakan Algoritma C4.5. Volume 9, Nomor 3, September 2020: 529-542.

Mariam Marlina, Wiwin Saputra, Bohati Mulyadi, Bismi Hayati, Jaroji. Aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit ispa berbasis speech recognition menggunakan metode naive bayes classifier. Volume 8, Nomor1, Mei 2017: 58-70.

Fikry Ramadhana, Fauziah, Winarsih. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ispa Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Website. Vol. 4 No. 3 April 2020.

May Siti Syarah, Masna Wati, Novianti Puspitasari. Klasifikasi Penderita ISPA Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. VOL. 4 NO. 1 (2022) 8-15.

Muchtarul Bari, Sampe Hotlan Sitorus, Uray Ristian. Implementasi Metode Naïve Bayes Pada Aplikasi Prediksi Penyebaran Wabah Penyakit Ispa (Studi Kasus: Wilayah Kota Pontianak). Volume 06, No. 03 (2018), hal. 205-214

Tengku Syaid Rian Fadhilah (2022). Sistem Pakar Identifikasi Awal Penyakit Yang Umum Terjadi Pada Balita Menggunakan Metode Naïve Bayes.

Ahmad Erwin Sutandi, Bahtiar Imran, Salman (2020). Sistem Pakar Diagnosis Covid-19 (Omicron) Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes.

Zaeniah, Surni Erniwati (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Pada PT. Akbar Sinar Abadi.

Bahtiar Imran, Zaeniah, Sriasih, Surni Erniwati, Salman (2022). Data Mining Using A Support Vector Machine, Decision Tree, Logistic Regression And Random Forest For Pneumonia Prediction And Classification

Rima Anggraeny, Sriasih (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pink Eye Pada Hewan Ternak Menggunakan Metode Certainty

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Hidayatullah, W., Salman, & Bakti, L. D. (2023). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT ISPA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES BERBASIS WEB PADA PUSKESMAS TERATAK. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 32–42. Retrieved from http://ojs.ninetyjournal.com/index.php/JKBTI/article/view/13