SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN ALAT KONTRASEPSI DI BKKBN KABUPATEN CIREBON BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE MABAC

Authors

  • Rizki Purwowicaksono Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon
  • Faisal Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon
  • Mohammad Rezza Fahlevvi Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Alat Kontrasepsi, Mabac

Abstract

Keluarga Berencana merupakan program menurunkan tingginya jumlah kelahiran penduduk yang tidak diiringi peningkatan kualitas penduduk.  Penggunaan alat kontrasepsi mencegah sel telur dan sel sperma bertemu, menghentikan produksi sel telur, menghentikan penggabungan sel sperma dan sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Masyarakat umumnya kesulitan dalam pemilihan alat kontrasepsi yang efektif dan cocok dengan kondisi tubuh pasangan suami istri menjadi masalah yang sering dihadapi. Bukan hanya dikarenakan metode yang ada terbatas, tetapi kurangnya pemahaman pasangan suami istri tentang persyaratan dan keamanan metode kontrasepsi. Diperlukan sistem yang dapat membantu mengambil keputusan agar lebih tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan membuat sistem pendukung keputusan yang dapat mengolah data proses menjadi sebuah pertimbangan. Pemilihan alat kontrasepsi terbaik akan dijadikan inputan yang kemudian proses perhitungannya menggunakan metode MABAC. Sistem pemilihan alat kontrasepsi dengan menggunakan metode MABAC memungkinkan sistem memberikan perangkingan sesuai perhitungan yang didasari dari kriteria yang ada. Dalam metode MABAC mempunyai cara kerja dengan prinsip pilihan adalah sebuah kriteria yang menggambarkan metode ini menyediakan solusi yang handal untuk pengambilan keputusan rasional, dibandingkan dengan metode multi-kriteria pengambilan keputusan lainnya. Diharapkan sistem ini dapat mempermudah pengambilan keputusan dalam menentukan alat kontrasepsi terbaik yang layak digunakan bagi Pasangan Usia Subur. Dalam penerapan metode MABAC dalam menentukan alat kontrasepsi  untuk keluarga berencana di BKKBN Kabupaten Cirebon menghasilkan sistem yang dapat menerapkan perangkingan sehingga dapat menentukan alat kontrasepsi secara otomatis. Penerapan metode MABAC dalam sistem ini berjalan sesuai dengan langkah-langkah prosesnya, sehingga menghasilkan data perhitungan yang akurat dan proses yang singkat dibanding sistem yang berjalan saat ini

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizki Purwowicaksono, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon

 

 

Faisal Akbar, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon

 

 

References

Ndruru, N., Mesran, M., Waruwu, F. T., & Utomo, D. P. (2020). Penerapan Metode MABAC Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Kepala Cabang Pada PT. Cefa Indonesia Sejahtera Lestari. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, 1(1), 36-49.

Ruri, R., & Julaeni, R. (2017). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Penundaan Kelahiran Anak pertama di Wilayah Pedesaan Indonesia: Analisis Data SDKI 2012. Jurnal Kependudukan Indonesia, 12(1), 1-12

Ndau, Y. D. (2022). Efektivitas Pelayanan Program Keluarga Berencana Oleh Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Dalam Mengendalikan Angka Kelahiran Di Kota Kupang (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Tifannii, W. F., Mayasari, M., & Rifai, M. (2020). Implementasi Program Keluarga Berencana (KB) Dalam Upaya Menekan Pertumbuhan Penduduk di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 525-540.

Laila, F., & Hasibuan, N. A. (2021). Pemilihan Pengangkatan Karyawan Tetap Menerapkan Metode Multi-Attributive Border Approximation Area Comparison. Journal of Informatics Management and Information Technology, 1(1), 5-12.

Ajny, A. N. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lipstik Dengan Analytical Hierracy Process. Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(3), 1-13.

Purba, S. R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dokter Terbaik di Dinas Kesehatan Kab. Simalungun Menggunakan Metode MABAC. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 9(2), 129-135.

Hondro, R. K. (2018). MABAC: Pemilihan Penerima Bantuan Rastra Menggunakan Metode MultiAttributive Border Approximation Area Comparison. J. Mahajana Inf, 3(1), 41-52.

Nadeak, B., Parulian, A., Pristiwanto, P., & Siregar, S. R. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(4).

Yusnaeni, W. (2020). MABAC Method Dalam Penentuan Kelayakan Penerima Bantuan SPP. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 8(1).

Wibawanto, W., (2017), Kebijakan Pendidikan Menengah Dalam Perspektif Governance Di Indonesia, Malang : UB Press.

A.S, Rosa, dan M. Shalahuddin. (2019). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika Bandung.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (Edisi Revisi). Bandung: Informatika.

Rahmayu, M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Intranet Menggunakan Metode Waterfall Mulia. 4, 33–40.

Tabrani, M., Suhardi, S., & Priyandaru, H. (2021). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada Unl Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1).

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Purwowicaksono, R., Akbar, F., & Fahlevvi, M. R. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN ALAT KONTRASEPSI DI BKKBN KABUPATEN CIREBON BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE MABAC. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ojs.ninetyjournal.com/index.php/JKBTI/article/view/17