PERANCANGAN SISITEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI MENU MAKANAN PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Authors

Keywords:

kecerdasan buatan, sistem pendukung keputusan, diabetes melitus, rekomendasi menu makanan, simple additive weighting (SAW)

Abstract

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit metabolisme kronis dengan penyebab yang beragam yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sebagai akibat gangguan fungsi insulin. Pengaturan pola makan menjadi sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah yang stabil. Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi dan preferensi individu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem pendukung keputusan yang menggunakan metode Simple Additive Weighting untuk memberikan rekomendasi menu makanan kepada penderita diabetes mellitus. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan dalam proses pembobotan untuk menentukan tingkat kepentingan dari setiap faktor yang dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan menghasilkan bobot bagi setiap faktor, yang akan digunakan untuk menentukan nilai relatif masing-masing menu makanan. Dalam konteks ini, kriteria yang digunakan adalah nilai glikemik makanan, kandungan nutrisi, dan preferensi individu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang positif bagi penderita diabetes mellitus dalam mengelola pola makan mereka. Sistem pendukung keputusan yang dirancang dapat membantu penderita diabetes mellitus dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan meminimalkan kesalahan dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan teknologi kesehatan yang dapat membantu penderita diabetes mellitus dalam mengelola kondisi kesehatan mereka melalui pengaturan pola makan yang lebih baik. Selain itu, metode SAW yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan sistem serupa dalam konteks penyakit kronis lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasution, S.R., Andreswari, D., Wahyu, T., 2019. IMPLEMENTASI NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PEMILIHAN MENU DIET PENYAKIT 7.

Agustiani, H., & Abdullah, D. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Menu Makanan Diabetes mellitus Menggunakan Metode SAW. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 13(1), 23-28. 2.

Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy MultiAttribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

L. Sutra and G. W. Nurcahyo, “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Multi Factor Evaluation Process dalam Mengidentifikasi Penerima Bantuan yang Tepat pada Program Keluarga Harapan,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 3, pp. 48–52, 2020, doi: 10.37034/infeb.v3i2.65.

Putra, A.P., Maryana, S., Suriansyah, M.I., 2019. Aplikasi Kalkulator Kalori dan Rekomendasi Menu Makanan Sehat Untuk Diabetes mellitus.

S. Salman, M. Subli, and M. Masjun Efendi, “Penerapan Sistem Business Intelligence (Bi) Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Rekruitmen Dan Seleksi Calon Mahasiswa Baru Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : Universitas Teknologi Mataram),” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 116–126, 2022, doi: 10.36595/misi.v5i2.551.

Kusmiyati, K., & Susanto, B. (2020). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan Seimbang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro (SNTee), 7(1), 123-129.S. M. Ayyoubzadeh, A. Almasizand, S. Rostam Niakan Kalhori, T. Baniasadi, and S. Abbasi, “Early Breast Cancer Prediction Using Dermatoglyphics: Data Mining Pilot Study in a General Hospital in Iran,” Heal. Educ. Heal. Promot., vol. 9, no. 3, pp. 279–285, 2021.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Dwi Prasanti, L., & Utomo, D. (2024). PERANCANGAN SISITEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI MENU MAKANAN PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 3(1), 11–16. Retrieved from https://ojs.ninetyjournal.com/index.php/JKBTI/article/view/62